Liburan Ke Puncak Bogor Tanpa Terjebak Macet,,Berikut Tipsnya,…

Kawasan Wisata di daerah puncak kabupaten bogor memang masih menjadi destinasi wisata favorite bagi warga ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Meskipun jalur menuju puncak terkenal dengan macetnya,akan tetapi hal itu tidak menyurutkan niat masyarakat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di puncak.

Libur panjang akhir pekan telah tiba,dan dapat dipastikan jalur wisata menuju kawasan wisata puncak akan dipadati kendaraan wisatawan yang hendak liburan.

Butuh kesabaran ekstra untuk menempuh perjalan ke puncak ketika libur akhir pekan,,apalagi bagi anda yang tidak berencana untuk menginap,terkdang waktu kita habis untuk macet macetan hingga berjam jam dijalan,sehingga waktu untuk menikmati liburan tidak maksimal.

Bagi anda yang berniat liburan ke puncak tanpa menginap dipuncak,tentu anda harus tau tipsnya agar bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan waktu anda tidak terkuras diperjalanan.

Berikut kami sajikan tips berlibur ke puncak tanpa macet,:

1.Berangkat Pada Malam Hari

Demi menghindari terjebak macet,anda bisa memilih waktu malam hari untuk berangkat menuju puncak,kondisi jalanan yang lengang pada malam hari anda bisa menempuh perjalanan dengan lebih cepat.

Namun berangkat pada malam hari tidak direkomendasikan ketika anda berpergian sendirian,sebaiknya anda bersama rombongan/keluarga.

Bagi yang tinggal di daerah Ibu Kota Jakarta,Bekasi,atau Karawang mungkin bisa berangkat dari rumah sekitar jam tiga pagi,perjalanan bisa ditempuh sekitar satu sampai satu setengah jam.

Nah,ketika sampai di kawasan puncak,anda bisa Solat subuh di kawasan Masjid Atta’awun,sembari istirahat sejenak sambil ngopi,Anda bisa menikmati pemandangan Kota Bogor dan hamparan Kebun Teh dari ketinggian.

2.Memperhatikan Sistem OneWay/ Jalur Satu Arah dari dan Menuju Puncak

Setiap momen libur akhir pekan ataupun libur panjang Hari Besar,arus lalulintas menuju kawasan puncak selalu padat dipenuhi oleh kendaraan wisatawan yang akan berlibur di kawasan wisata puncak.

Untuk menghindari kemacetan dan antrean panjang kendaraan,Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem one way dari dan menuju kawasan wisata puncak.

Dihari Sabtu,Minggu,atau Hari besar biasanya mulai jam 8.30 sampai jam 11.00 jalur akan dibuka satu arah dari jakarta menuju puncak dan cianjur,dan Petugas dari Satlantas akan kembali memberlakukan sistem one way dari arah cianjur menuju ke jakarta dari jam 15.00 sampai 18.00.

Namun jadwal tersebut bersifat kondisional,dengan memperhatikan kondisi kepadatan arus lalulintas diwilayah puncak.

3.Melewati Jalur Aletrnatif Menuju Puncak

Untuk menghindari kemacetan di beberapa titik,Jalur menuju puncak juga terdapat jalur alternatif yang mungkin bisa anda lalui yakni jalur alternatif puncak via Ciawi yg langsung tembus ke Cisarua.

Namun bagi wisatawan yang hendak melewati jalur alternatif harus memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima,dan harus tetap berhati hati karena dibeberapa titik terdapat tikungan tajam dan tanjakan serta turunan yang curam.

Bagi wisatawan yang belom paham daerah puncak,untuk menemukan jalur alternatif menuju puncak anda bisa menggunakan gogle maps.

Selain menggunakan gogle maps,Anda juga bisa menggunakan jasa pengantar atau petunjuk jalan ketika hendak melewati jalur alternatif.Setelah keluar tol ciawi sering kita jumpai orang yang menawarkan jalur alternatif,dengan biaya 20-50rb anda akan di antarkan melewati jalur alternatif untuk mengindari kemacetan.

Nah,gimana Anda mau coba tips di Atas,…????

Leave a Reply